Aside

Filosofi dari Kebaya | Kebaya Menyimpan Sebuah Filosofi Kehidupan

Gambar

Filosofi dari Kebaya, Bagi seorang wanita Jawa kebaya bukan hanya sebagai sebatas pakaian. Lebih dari itu kebaya juga menyimpan sebuah filosofi tersendiri. Sebuah filosofi yang mengandung nilai-nilai kehidupan.

Keberadaan kebaya di Indonesia bukan hanya sebagai menjadi salah satu jenis pakaian. Kebaya memiliki makna dan fungsi lebih dari itu. Bentuknya yang sederhana bisa dikatakan sebagai wujud kesederhaan dari masyarakat Indonesia.

Nilai filosofi dari kebaya adalah kepatuhan, kehalusan, dan tindak tanduk wanita yang harus serba lembut. Kebaya selalu identik dipasangkan dengan jarik atau kain yang membebat tubuh.

Kain yang membebat tubuh tersebut secara langsung akan membuat siapapun wanita yang mengenakannya kesulitan untuk bergerak dengan cepat. Itulah sebabnya mengapa wanita Jawa selalu identik dengan pribadi yang lemah gemulai. Kain yang membebat tubuh juga akan membuat langkah kaki wanita menjadi sedikit pendek.

Mengenakan kebaya akan membuat wanita yang mengenakannya berubah menjadi seorang wanita yang anggun dan mempunyai kepribadian. Potongan kebaya yang mengikuti bentuk tubuh mau tidak mau akan membuat wanita tersebut menyesuaikan diri. Ini adalah sepenggal kecil filosofi dari kebaya.

Modifikasi Kebaya Tradisional dan Modern

Gambar

Modifikasi kebaya semakin banyak dilakukan oleh desainer-desainer, hal ini karena semakin maraknya busana kebaya dikenakan di berbagai kesempatan, maka inovasi kebaya pun menjadi semakin diperhatikan. Jika dulu cara pemakaian busana kebaya ini hanya terletak pada motif dan warna dengan perpaduan lilitan kain jarit.

Maka dengan berjalannya waktu, busana kebaya berubah menjadi busana yang wajib dikenakan di acara-acara pesta. Busana kebaya modern tidak hanya dikenakan saat pesta formal, untuk pesta yang tergolong santai pun pemakaian kebaya menjadi suatu keharusan walaupun dengan potongan yang lebih sederhana.

Yang perlu diingat agar tampil tetap cantik saat mengenakan kebaya adalah memerhatikan bentuk tubuh kita. Jangan memaksakan kebaya yang tidak pantas kita kenakan hanya dengan model atau potongannya yang sedang in.

Modifikasi Kebaya |  Bentuk Kerah

Banyak cara untuk memodifikasi kebaya tradisional dengan cara mengubah bentuk kerah dan bentuk lengan yang memperlihatkan kelebihan bentuk kita. Jika dulu perhatian kerah selalu bergaya klasik seperti shawl collar (syal kerah), decolette (bundar rendah), kini lebih pada kerah bergaya off shoulder (kerah terbuka dengan memperlihatkan pundak), kerah mandarin atau kebaya modern dengan yoke dada berkerut kerah tegak berkancing.

Modifikasi Kebaya |  Lengan

Kebaya bukan saja memperlihatkan siluet tubuh si pemakai, bentuk lengan juga berpengaruh untuk menampilkan kebaya sebagai busana resmi dengan sentuhan modern. Dalam modifikasi kebaya dibutuhkan kreativitas dan kreasi penjahit kebaya agar kebaya tidak lagi tampak sebagai busana kuno.

Meskipun gaya klasik masih diminati, tak ada salahnya mengubah bentuk lengan menjadi lebih chic. Sebut saja lengan berbentuk terompet, model seperempat lengan, atau lengan berbelah. Namun, apapun sebutan dan bentuknya, kebaya tetap menarik untuk dikenakan.

Modifikasi Kebaya |  Klasik Modern

Dalam melakukan modifikasi kebaya kita jangan ragu untuk memadukan bentuk-bentuk lengan dari kebaya modern, bahkan futuristik pada kebaya Anda. Hal ini sah-sah saja karena tidak ada lagi batasan yang melarang paduan unsur klasik dengan unsur modern.

Bentuk lengan kebaya klasik mayoritas adalah lengan panjang dengan detail sederhana. Namun sekarang Anda dapat bermain dengan bentuk, warna, jenis bahan, jenis aplikasi, dan detail yang jauh lebih beragam.

Modifikasi Kebaya | Cutting

Perlu kita sadari bahwa saat ini bukan kebaya tradisional saja yang diminati. Kini telah banyak tercipta modifikasi kebaya. Namun, kita harus memperhatikan aturan dalam kebaya yang tidak bisa dihilangkan, yaitu cutting.

Walaupun penjahit telah melakukan modifikasi bentuk kebaya, namun bentuknya tetap menunjukkan bahwa kebaya adalah busana tradisional khas Indonesia. Bentuk kebaya juga harus disesuaikan dengan si pemakai, karenanya pengenalan karakter seseorang sangat diperlukan untuk menjadikan busana ini sesuai dengan kurva bentuk tubuhnya.

 

Model Kebaya | Melihat Trend Model Kebaya dari Tahun ke Tahun

Gambar

Model Kebaya setiap tahun akan mengalami metamorfosa. Bagaimana bentuk-bentuk kebaya modern yang populer di tahun ini?

Desainer ternama Anne Avantie mengatakan kebaya kutu baru bertangan pendek, siluet kebaya leher Shanghai yang tampil cosmopolitan dengan bolero tangan menggelembung akan banyak ditampilkan di tahun ini.

Selain itu juga, kata Anne, material bahan yang dipakai untuk kebaya pun lebih beragam. Hanya saja, Anne masih setia memanfaatkan aneka potongan-potongan kain yang disambung-sambung menjadi model kebaya yang menarik.

“Trend untuk model kebaya di Indonesia memang sangat labil, tidak bergantung pada situasi di mana nantinya akan dibawa kemana. “Yang disukai itu dijadikan trend,” kata Anne Avantie.

Menurut Anne, kebaya di Indonesia itu terus berbenah dari waktu ke waktu, dan tidak berdasarkan pada trend. Model Kebaya bisa mengacu pada siluet, atau pemilihan bahan. “Jadi bukan bergantung pada Paris, Milan, atau New York,” ujarnya.

Berbeda dengan Anne Avantie, desainer muda yang lagi naik daun Amy Atmanto memastikan kebaya modern dengan model yang simpel juga akan menjadi primadona di tahun ini. Adapun untuk menonjolkan kesan glamor, Amy pun tetap memakai ornamen payet dipadu kristal swarovski dan mutiara Maluku.

“Rancangan ini juga dikombinasikan dengan mutu manikam Nusantara supaya tampak lebih elegan dan anggun,” kata desainer bernama lengkap Amy Ibrahim Atmanto. Menggambarkan model kebaya rancangannya, seolah-olah Amy tak hanya ingin menciptakan kesan wanita berkebaya saja, melainkan ia ingin menggambarkan sosok Srikandi Indonesia yang seutuhnya.

Untuk itulah rancangannya begitu detail dan kaya akan berbagai sentuhan istimewa. Mengubah tampilan wanita menjadi luar biasa. “Jadi bukan gambaran wanita biasa yang menggunakan kebaya melainkan melambangkan seorang ‘princes’,” tambahnya lagi.

Amy terlihat begitu detail memerhatikan kebaya rancangannya, bahkan untuk bagian leher lebih simpel. “Untuk bagian leher, model kebaya nya bunga-bungaan. Tapi lebih simpel dan tidak ramai. Hanya pada bagian tertentu saja. Beludru juga banyak saya gunakan,” jelasnya.

Melengkapi trend kebaya rancangannya, desainer yang dipercaya menangani kebaya pengantin para selebriti Indonesia ini mengungkapkan shocking color seperti hijau escada, ungu terong, dan fushia akan populer pada Model Kebaya di tahun ini. “Kalau untuk acara pernikahan tidak hanya bermain pada warna putih saja, melainkan ada cream dan sentuhan baby blue atau baby pink,” tutupnya.

Memilih Kebaya yang Tepat

Gambar

Dalam memilih kebaya menurut beberapa para ahli fashion designer, para wanita harus memperhatikan beberapa hal untuk bisa tampil cantik sekaligus modis dan bergaya dalam balutan kebaya, diantaranya yaitu memperhatikan warna, model dan padanan kebaya modern atau tradisional serta tata rias dan rambut.

Memilih Kebaya dari Warna

Dalam pemilihan warna kebaya tergantung warna kulit. Jika memiliki kulit kuning, kita bisa memilih kebaya dengan warna apapun. Namun, wanita berkulit sawo matang harus mampu memilih warna kebaya yang tepat agar tidak terlihat kusam. Warna-warna segar seperti biru laut, merah marun, peach kecoklatan, dan hitam adalah warna-warna yang cocok dikenakan oleh wanita berkulit sawo matang. Ingat, untuk hindari mengenakan warna oranye, nila dan ungu.

Memilih Kebaya dari Model

Tentang model kebaya, disarankan membentuk badan dengan pas, potongan dan design kebaya sebaiknya berada dibawah panggul. Model kebaya dengan kerah bisa bervariasi, bisa memilih model kerah shanghai, V-neck, oval atau sabrina, bisa juga memilih kerah tinggi jika memiliki leher jenjang.

selain model kerah dalam memilih kebaya perlu juga diperhatikan model jajaran kancing pada kebaya. Wanita bertubuh besar lebih baik mengenakan kebaya berkancing depan. Pilihan kebaya modern berkancing belakang bisa dikenakan oleh wanita bertubuh lansing.

Padanan Kebaya

Sebagai padanan kebaya sebaiknya memilih rok panjang dengan model duyung, yang bentuknya menyempit dibagian panggul hingga lutut dan melebar dibagian bawah. bisa juga dipadupadankan  dengan rok panjang bermodel sepan yang bermotif simple. Bagi yang ingin tampil lebih modis, bisa dipilih celana panjang sebagai padanan kebaya.

Tata Rias dan Rambut

Pemilihan sanggul juga penting untuk menunjang tampilan kebaya nan modis, namun tidak harus selalu menggenakan sanggul jawa dan tekuk yang berkesan tradisional. Penggunaan sanggul modern seperti sanggul twist atau cepol encim juga bisa menjadi alternatif pilihan sanggul.

Untuk tata rias ada baiknya dipilih warna-warna natural, seperti warna tanah dan pink muda, serta penggunaan eye shadow dan blush on yang tidak terlalu mencolok. Jadi banyak hal-hal yang harus kita perhatikan dalam memilih kebaya supaya kita dapat memaksimalkan penampilan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s