Aside

Kalau ditanya apa oleh2 dari India, maka pastilah kain sari akan menempati urutan pertama dalam survey. Sari atau saree atau shari adalah jenis kain yang dipakai wanita di negara India,

Bangladesh, Nepal, dan Sri Lanka. Kain sari berupa pakaian yang terdiri dari helaian kain yang tidak dijahit, variasinya beragam dengan panjang 4-9 meter yang dipakaikan di badan dengan bermacam-macam gaya.

Menurut millionlooks.com, dahulu kala kain sari terdiri dari dua bagian. Satu dipakai di sekeliling pinggul dan yang satunya disampirkan di bagian depan untuk menutupi dada dan bahu. Namun, sekarang kain sari yang dikenakan terdiri dari satu bahan saja sepanjang 5-9 meter dan lebar 1 meter. Sari tersebut yang dililitkan di pinggang, dengan ujungnya yang disangkutkan dari bahu ke punggung belakang.[1] Sari biasanya dipakai menutupi petticoat atau baju bagian dalam (pavada/pavadai di India Selatan, dan shaya India Timur), dengan blus choli atau ravika. Choli memiliki lengan yang pendek dan leher yang rendah untuk mengadaptasikan warga Asia Selatan dengan musim panasnya yang sangat panas

Pakaian khas wanita dari India ini bahkan sudah banyak diadaptasi menjadi trend mode berpakaian wanita masa kini, tidak hanya untuk wanita India saja. Kini kain sari bukan hanya sekedar pakaian tradisional Asia Selatan, tetapi juga menjadi simbol keanggunan perempuan wanita. Emang sih, menurut pendapatku seorang gadis atau wanita menjadi kelihatan lebih anggun dan terhormat bila memakai pakaian sari. Uniknya, di India hampir semua wanita menggunakan pakaian sari untuk bekerja ke kantor, jarang sekali yang menggunakan pakaian kasual seperti di Indonesia.

Filosofi kain sari pun juga teresapi dalam warnanya. Bahkan, warna-warna kain sari tertentu hanya boleh digunakan orang tertentu, contohnya : seorang janda hanya boleh menggunakan kain sari berwarna putih tanpa motif dan aksesori lain. Sementara untuk pernikahan digunakan kain sari merah dengan hiasan benang emas.

Umumnya di toko2 dan di pasar kain sari dijual dengan harga 250 rupee hingga 1000 rupee (1 rupee = Rp 198). Namun di supermarket atau plaza mungkin akan lebih mahal. Dan harga akan mahal bila tipe kain sarinya sangat berkualitas.

Kebaya sesuai bentuk tubuh

Gambar

Trik pintar memilih kebaya cantik sesuai bentuk tubuh

Tubuh Pendek dan Kurus

Jika kalian yang memiliki tubuh pendek dan kurus, sebaiknya memilih kebaya dengan model kerah yang terbuka di area dada sperti model sabrina atau V dengan model lengan gelembung atau mengkerut. Dengan menekan di bagian lengan, dapat membuat tubuh kalian menjadi lebih berisi alias tidak kelihatan kurus. Lalu buatlah potongan kebaya hingga batas pinggang atau paha saja. Janganlah kalian yang memiliki tubuh pendek mencoba-coba membuat potongan kebaya panjang hingga di bwah lutut. Karena dengan model seperti tu membuat tubuh terlihat pendek.

Tubuh Tinggi dan Kurus

Jika kalian yang memiliki tubuh tinggi dan kurus, lebih cocok berkebaya dengan model kerah tertutup seperti shanghai, turtleneck, atau stand collar. Dengan begitu, kalian yag memiliki leher jenjang akan lebih terlihat yang akan menjadi kelebihan anda dan juga dapat memperindah penampilan. Lalu variasikanlah dengan model lengan lonceng, kerut atau pendek. Jika memilih model lengan lonceng atau kerut dapat membuat tangan lebih berisi. Ataupun ada yang memilih lengan pendek, itu juga dapat menjadi nilai plus anda karena memiliki lengan yang panjang yang akan lebih terlihat indah jika kebaya kalian dibuat berlengan pendek. Yang memiliki bentuk tubuh seperti ini tidak terdapat kendala dalam memilih model potongan  kebaya. Karena bentuk kaki jenjang cocok jika di padupadankan dengan model batas lutut atau panjang.

Tubuh Tinggi dan Berisi

Untuk tubuh tipe seperti ini, juga cocok mengaplikasikan bentuk kerah terbuka seperti Sabrina atau V. Jangan mencoba dengan kerah yang tertutup karena dapat membuat kesan pemakai tidak mempunyai leher. Bisa juga ditambahkan dengan model punggung terbuka atau off shoulder.  Bagus juga jika diaplikasikan dengan lengan yang bentuknya menyempit atau melebar dibagian bawah. Ingat girls, hindari aksen mengkerut dibagian perut dan hindari juga potongan lebaya yang menutupi pinggul.

Tubuh Pendek dan Berisi

Yang memiliki bentuk tubuh pendek dan berisi, sangat disarankan untuk memilih model kebaya yang kerahnya terbuka di bagian pundak dan punggung. Padukan dengan lengan berbentuk menyempit atau melebar di bagian bawah. Untuk menyembunyikan lemak yang berlebihan,  buat potongan kebaya yang menutup area pinggul. Dengan begitu kita jadi lebih pede dan nggak salah pilih model kebaya.

Trik Umum

  • Apapun model design kebanyanya, sebaiknya panjang potongan kebayanya melebihi pinggul atau mendekati batas lutut. Karena untuk seluruh bentuk tubuh, yang paling cocok untuk semuanya adalah model seperti ini.
  • Jika kalian memiliki pinggul yang besar, lebih baik pilih design kebaya dengan tambahan ganjalan bahu (pading) untuk member keseimbangan antaran pinggul dan bahu. Tak lupa pula pilih warna ganjalan bahu yang sewarna dengan warna kulit kalian. Jika kalian membuat kebaya dengan design yang transparan, beri lapisan padding agar tidak kelihatan.
  • Jika model kebaya modern kurung (Sumatera) menjadi pilihan kalian, usahakan bagian depan lebih panjag dari pada bagian sampingnya. Dengan model seperti ini, tubuh akan terlihat lebih langsing.

Sejarah Kain Sari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s